Bagian Sistem Kemudi Sepeda Motor Yang Penting
Posted onBagian Sistem Kemudi Sepeda Motor Yang Penting
Contents [show]
Bagian Sistem Kemudi Sepeda Motor Yang Penting – Sistem
kemudi memungkinkan pengendara dapat merubah arah kendaraan dengan cara
menggerakkan kemudi untuk merubah posisi arah roda depan sistem kemudi
terdiri dari steering axis dan handlebar.
Caster And Trail
Poros
kemudi dipasang pada rangka kendaraan dengan sudut caster tertentu
terhadap garis tegaknya, sesuai jarak trailnya. Jarak antara titik
dimana sebuah garis imajiner yang ditarik dari steering axis dan
memotong garis lantai dengan titik temu roda pada lantai caster
merupakan elemen yang sangat penting untuk pengoperasian dan stabilitas
kendaraan.
Umumnya sudut caster yang
besar dapat menjaga kestabilan pada kecepatan rendah sementara jarak
trail yang besar juga menambah kestabilan dan sebaliknya jumlah besaran
sudut caster dan trail bisa bermacam-macam tergantung tipe dan
karakteristik.
Tipe Kemudi
Kemudi
dipasang langsung atau melalui karat penyerap hentakan ke steering stem
head yang menghubungkan steering axis ke bagian atas suspensi roda
depan atau bagian kiri dan kanan suspensi.
Bentuk
dimensi dan konstruksi kemudi tergantung dari tipe dan penggunaan
sepeda motor pada umumnya sepeda motor tipe sport ( jalanan halus )
mempunyai kemudi yang lebih tinggi datar atau terpisah sedangkan pada
tipe sport ( jalanan kasar ) kemudinya lebih besar.
Posisi
kemudi diletakkan sedemikian rupa disesuaikan dengan kedudukan
pengendara pada sepeda motor untuk mendapatkan kestabilan pengendaraan
yang baik. Pada umumnya lebar dan besaran sudut kemudi ditentukan sesuai
standar otomotif.
Steering Axis
Untuk
beban / hentakan yang disebabkan kondisi permukaan jalan yang
diteruskan melalui suspensi roda depan ( front fork ) beban horizontal
saat berputar dan gaya inersia saat pengereman.
Konsekwensinya
adalah bearing / bantalan pada steering axis menerima beban dari dua
arah, arah radial dan axial karena itu biasanya digunakan bantalan bola (
ball bearings ) kecuali untuk tipe sport yang menggunakan bantalan roda
tirus yang dapat menanggulangi beban yang lebih besar.
Radius
putar steering axis adalah sudut maksimum kemudi umumnya antara 30
sampai 45 derajat yang dibatasi oleh stopper radius putar stang kemudi
dibuat lebih besar untuk penggunaan sepeda motor sport offroad.
Demikianlah pembahasan mengenai Bagian Sistem Kemudi Sepeda Motor Yang Penting semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannyahttps://www.teknikotomotif.co.id/bagian-sistem-kemudi-sepeda-motor-yang-penting/
Komentar
Posting Komentar